PENGEMBANGAN RENCANA BISNIS INFORMATIKA
CV. FUN TECH
Penyusun:
Kelompok 1
Achmad Rusmanto (50415070)
Dewi Nur Aini (51415790)
Galih Ardiadji J.P (52415811)
Kevin Kamaludin (53415700)
M. Arif Rahman H. (54415514)
Naufal Ahmad R. (54415997)
Syawaludin I. (56415772)
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dalam
era globalisasi ini perusahan dalam bidang informasi dan teknologi
sangatberkembang dengan pesat. Hampir setiap hari perkembangan teknologi
informasi sangat berperan penting dalam memajukan suatu individu organisasi
maupun kelompok. Dalam memajukan usahanya diperlukannya suatu aplikasi dalam
bentuk android dekstop maupun web.
Tujuan
mendirikan perusahaan ini adalah memfasilitasi indiividu, organisasi ataupun
perusahaan yang membutuhkan apikasi maupun software. Dalam perkembangannya
perusahaan diharapkan mengalami kemajuan dalam melayani kepuasan pelanggan.
Didalam perusahaan tentu saja memiliki etika dan moral dalam berbisni sehingga
dapat memperbaiki perkembangan bisnis perusahaan itu sendiri. Secara sederhana
yang dimaksud dengan etika bisnis adalah cara-cara untuk melakukan kegiatan
bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan,
industri dan juga masyarakat. Semua ini mencakup bagaimana kita menjalankan
bisnis secara adil, sesuai dengan hukum yang berlaku, dan tidak tergantung pada
kedudukan individu ataupun perusahaan di masyarakat.
1.2
Identifikasi Masalah
Dalam
makalah ini kami melakukan pengidentifikasian masalah-masalah yang terdapat pada
regulasi dan prosedur pendirian perusahaan, dimana masalah-masalah tersebut
mencangkup :
a. Regulasi dan Prosedur Pendirian Perusahaan
b. SDM dan Oganisasi
c. Aspek Pemasaran
d. Aspek Keuangan
1.3
Tujuan Penulisan
Maksud
dari makalah ini yaitu kami ingin memberi gambaran kepada pembaca tentang dunia
usaha dan tahap-tahap berusaha/membuka usaha, supaya bagi pembaca yang ingin
membuat usaha baru tidak salah dalam mengambil tindakan. Makalah ini juga
bertujuan memberi wawasan dan pengetahuan yang lebih tentang tahap-tahap
membuat usaha baru yang ingin dijalanakan.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1
Bentuk-bentuk Usaha
a.
CV( commanditaire vennootschap ) atau Persekutuan
Komanditer
CV adalah singkatan dari Commanditaire
Vennootschap, yaitu jenis badan usaha persekutuan yang belum memiliki badan
hukum. Pendirian CV atau Persekutuan Komanditer adalah menggunakan akta dan
harus didaftarkan.
Para pemilik modal pada CV atau
Persekutuan Komanditer dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sekutu aktif dan
sekutu pasif.
·
Sekutu Aktif (Komplementer),
yaitu sekutu yang menjalankan perusahaan dan memiliki hak melakukan perjanjian
dengan pihak ketiga.
·
Sekutu Pasif
(Komanditer), yaitu sekutu yang hanya menyerahkan modal dalam persekutuan dan
tidak turut campur dalam kepengurusan, maupun kegiatan perusahaan.
Ciri-ciri CV:
·
Terdapat dua jenis
keanggotaan dalam CV, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif.
·
Sekutu aktif
adalah anggota yang berperan menjalankan perusahaan.
·
Sekutu pasif
adalah anggota yang hanya menanamkan modal usaha tanpa turut serta dalam
menjalankan perusahaan.
·
Sekutu aktif
memiliki tanggungjawab yang tidak terbatas
·
Sekutu pasif
memiliki tanggungjawab hanya sebesar modal yang ditanamkan kepada perusahaan.
Kelebihan CV:
·
Proses
pendiriannya tergolong mudah.
·
Kemampuan
manajemen badan usaha berbentuk CV umumnya lebih besar.
·
Bentuk usaha CV
cenderung lebih mudah mendapatkan modal dari perbankan karena lebih dipercaya.
·
Biasanya CV lebih
mudah berkembang karena manajemennya dapat diisi oleh profesional sehingga
pengelolaannya lebih baik.
·
Resiko perusahaan
dapat ditanggung secara bersama-sama oleh sekutu.
Kekurangan CV:
·
Operasional CV
tergantung pada sekutu aktif yang bertindak sebagai pemimpin sekutu sehingga
kelangsungan hidup perusahaan tidak menentu.
·
Modal yang telah
disetorkan ke perusahaan sangat sulit untuk ditarik kembali.
·
Mudah terjadi
konflik antara sekutu pengusaha di dalam CV.
b.
PT (Perseroan Terbatas)
Merupakan badan hukum perusahaan yang banyak diminati
pengusaha.Karena badan hukum ini punya kelebihan dibanding lainnya. Seperti luasnya badan
usaha yang bisa dimiliki, bebas dalam pergerakan bidang usaha dan tanggung
jawab yang dimiliki terbatas hanya pada modal yang disetorkan.
Ciri-Ciri PT:
·
Kewajiban terhadap
pihak luar hanya terbatas pada modal yang disetorkan.
·
Mudah dalam
peralihan kemepimpinan.
·
Usia PT tidak
terbatas.
·
Mampu untuk
menghimpun dana dalam jumlah yang besar.
·
Bebas untuk
melakukan berbagai aktivitas bisnis.
·
Mudah mencari
karyawan
·
Dapat dipimpin
oleh orang yang tidak memiliki saham.
·
Pajaknya berganda
antara Pajak Penghasilan dan Pajak Deviden
Kelebihan PT:
·
Mudah dalam
peralihan kepemimpinan.
·
Mudah memperoleh
tambahan modal.
·
Kelangsungan
perusahaan sebagai badan hukum lebih terjamin.
·
Lebih efisien
dalam manajemen pengolahan sumber-sumber modal.
Kekurangan PT:
·
Pajaknya berganda
antara Pajak Penghasilan dan Pajak Deviden.
·
Pendiriannya
memerlukan akta notaris dan ijin khusus usaha tertentu.
·
Biaya pembentukan
PT relatif tinggi.
·
Terlalu terbuka
dalam pelaporan kepada pemegang saham.
c.
Koperasi
Koperasi adalah jenis badan usaha yang beranggotakan
orang – orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya
berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang
berlandaskan asas kekeluargaan.
Ciri-ciri
Koperasi:
·
Koperasi adalah
perkumpulan orang – orang.
·
Penggabungan orang
– orang berdasarkan kesukarelaan.
·
Terdapat tujuan
ekonomi yang ingin dicapai.
·
Koperasi yang
dibentuk adalah satu organisasi bisnis.
·
Terdapat
kontribusi yang adil terhadap modal yang dibutuhkan.
·
Anggota koperasi
menerima manfaat dan resikonya secara seimbang.
Kelebihan Koperasi:
·
Sisa hasil Usaha
yang dihasilkan oleh koperasi akan dibagi kepada anggota.
·
Anggota koperasi
berperan jadi konsumen dan produsen sekaligus.
·
Seseorang yang
akan menjadi anggota koperasi atau yang ingin atau yang sudah menjadi anggota,
bukan karena terpaksa, melainkan keinginanya sendiri untuk memperbaiki
hidupnya.
·
Mengutamakan
kepentingan Anggota.
Kekurangan Koperasi:
·
Modal terbatas.
·
Daya saing lemah.
·
Tidak semua
anggota memiliki kesadaran berkoperasi.
·
Sumber daya
manusia terkadang kurang.
2.2 Prosedur Pengurusan Izin Usaha
Prosedur atau langkah-langkah dalam
mendirikan usaha berbadan hukum, antara lain membuat SITU (Surat Izin Tempat
Usaha) dan HO (Surat Izin Gangguan), membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan),
membuat NPWP (Nomor Induk Wajib Pajak), embuat TDP (Tanda Paftar Perusahaan),
membuat nomor rekening bank atas nama perusahaa, membat AMDAL (Analisis
Mengenai Dampak Lingkungan).
2.3 Membuat Surat Izin Tempat Usaha
(SITU) dan Surat Izin Gangguan (HO)
Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
merupakan pemberian izin tempat usaha yang kepada seseorang atau badan usaha
yang tidak menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan di lokasi tertentu.
Sedangkan Surat Izin Gangguan (HO) adalah pemberian izin tempat usaha kepada
perusahaan atau badan di likasi tertentu yang dapat menimbulkan bahaya,
gangguan, atau kerusakan lingkunagan. Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat
Izin Gangguan (HO/Hinder Ordonantie) harus diperpanjang atau dadaftar setiap
lima tahun sekali. Langkah-langkah buntuk mendapatkan Surat Izin Tempat Usaha
(SITU) dan Surat Izin Gangguan (HO), yaitu sebagai berikut.
- Membuat surat izin tetangga
- Membuat surat keterangan domisili perusahaan
Dokumen yang diperlukan untuk membuat Surat Izin
Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Gangguan (HO), antara lain :
- Fotocopy KTP permohonan
- Foto permohonan ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 buah
- Formulir isian lengkap dan sudah ditandatangani
- Fotocopy pelunasan PBB tahun berjalan
- Fotocopy IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
- Fotocopy sertifikat tanah atau akta tanah
- Denah lokasi tempat usaha
- Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga (Izin Tetangga) yang diketahui RT/RW
- Izin sewa atau kontrak
- Surat keterangan domisili perusahaan
- Fotocopy akta pendirian perusahaan dari notaris
- Berita acara pemeriksaan lapangan
2.4 Membuat Nomor Rekening
Perusahaan
Sebelum
membuat akta pendirian perusahaan, notaris akan menanyakan berapa presentase
saham masing-masing pemilik. Oleh sebab itu harus melakukan hal berikut ini.
- Membuat nomor rekening atas nama perusahaan
- Melakukan setoran modal
- Menyerahkan bukti setoran
2.5 Membuat Nama Logo dan Merek Perusahaan
Anda harus merancang dan mendesign
identitas dari usaha terlebih dahulu, yang meliputi :
- Nama perusahaan
- Logo perusahaan
- Alamat perusahaan
- Kartu nama dan tag line (slogan)
- Kop surat dan dokumen-dokumen lainnya
- Stempel perusahaan
- Maksud dan tujuan usaha
- Jumlah usaha
- Susunan direksi dan komisaris (khusus untuk PT)
2.6 Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Sudah menjadi ketetapam pemerintah
bahwa setiap wajib pajak baik individu maupun pemilik perusahaan harus
mempunyai Nomor Induk Wajib Pajak (NPWP). Apabila omset penjualan mulai
berkembang dan terus meningkat dalam jumlah tertentu diwajibkan mendaftarkan perusahaan
sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan akan diberikan Nomor Pengukuhan
Pengusaha Kena Pajak (NPPKP). Wajib pajak yang tidak mendaftarkan diri ke
Kantor Pelayanan Pajak akan dikenakan sanksi pidana sesuai pasal 39
Undang-Undang No. 16 Tahun 2000 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang No.6
Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajaknnya.
2.7 Membuat Akta Pendirian Perusahaan
Kesepakatan tersebut dituangkan
dalam akta pendirian perusahaan yang dibuat dihadapan notaries. Hal ini bertujuan
untuk :
- Menghindari terjadinya perselisihan
- Memberikan penjelasan status kepemilikan perusahaan
- Mencantumkan nilai saham (Presentase kepemilikan)
- Mengetahui besarnya modal
Surat perizinan yang hanya ditandatangani diatas
materai oleh RT/RW dianggap kuarang sah dihadapan hukum. Untuk membuat akta
pendirian perusahaan diperlukan dokumen-dokumen berikut :
- Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) para pendiri
- Fotocopy Kartu Keluaraga (KK)
- Fotocopy NPWP penanggung jawab
- Foto penenggumng jawab pwerusahaan ukuran 3 x 4
- Fotocopy lunas PBB tahun terakhir
- Fotocopy surat kontrakan/ sewa kantor
- Surat ketarangan domisili dari pengelola gadung
- Surat keterangan domisili dari RT/RW
- Foto kantor tampak depan, tampak dalam (ruangan berisi meja, kursi, dan komputer)
Setelah mendapatkan akta pendirian perusahaan, harus
mendaftarkan dan mengesahkan perusahaan ke kementrian terkait, yaitu :
- Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
- Kementrian tenaga Kerja
- Kementrian Perindustrian dan Kementrian Perdagangan
- Kementrian Pekerjaan Umum
2.8Membuat Surat Izin Usaha Perdgangan (SIUP)
Berdasarkan peraturan Menteri
Perdagangan Republik Indonesia Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007 tantang penerbitan
Surat Izin Usaha Perdagangan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah surat
izin untuk dapat melakukan kegiatan usaha perdagangan yang dikeluarakan
instansi Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai dengan
tempat/domisili perusahaan. SIUP dapat di berikan kepada para wirausaha baik
perseorangan, CV, Pt, BUMN, firma, ataupun koperasi.
Pengklasifikasian SIUP dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
- SIUP Kecil
- SIUP Menengah
- SIUP Besar
Proseder permohonan SIUP
- Permohonan SIUP menengah dan SIUP kecil
- Permohonan SIUP besar
Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengurusan Surat
Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Perusahaan baik PT, CV, koperasai maupun
perseorangan harus membawa dokumen yang lengkap beserta copynya untuk
pengurusan SIUP ke Dinas Perindustriandan Perdagangan kota/ kabupaten.
Dokumen yang diperlukan antara lain :
Dokumen yang diperlukan antara lain :
- Fotocopy akta notaris pendirian perusahaan
- Fotocopy SK Pengesahan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
- Fotocopy NPWP
- Fotocopy KTP pemilik
- Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
- Fotocopy KK
- Fotocopy surat keterangan domisili perusahaan
- Fotocopy surat kontrak/ sewa
- Foto direktur utama/ pimpinan perusahaan ukuran 3 x 4
- Neraca perusahaan
2.9 Membuat Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah
daftar catatatan resmi sebagai bukti bahwa perusahaan/ badan usaha talah
melakukan wajib daftar perusahaan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 3
Tahun 1982 tantang wajib daftar. Berdasarkan pasal 38 KUHD (Kitab Undang-Undang
Hukum Dagang), akta pendirian perusahaan yang memuat anggaran dasar yang sudah
mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Munusia Republik
Indonesia, harus didaftarkan di Panitera Pengadilan Negara sesuai domisili
perusahaan, kemudian diumumkan melalui Berita Negara. Hal-hal yang perlu di
daftarkan :
- Akta pendirian perusahaan
- Akta perubahan anggaran dasar dan laporan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
- Akta perubahan anggaran dasar dan surat persetujuan Mentri Hukum dan hak Asasi Manusia Republik Indinesia.
2.10 Prosedur permohonan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
- Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang berupa PT dan yayasan harus mendapatkan pengesahaan dan persetujuan akta pendirian perusahaan dari Menteri Hukum dan hak Asai Manusia terlebih dahulu.
- Perusahaan mengambil formulir permihonan permohonan TDP.
- Perusahaan membayar biaya administrasi pendaftaran TD sesuai dangan Surat Keputusan Menteri Perdagangan No.286/Kep/II/85.
- Petugas kantor pendaftaran perusahaan
- Dokumen-dokmen yang diperlukan untuk pengurusan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Dokumen yang diperlukan untuk
pengurusan Tanda Daftar Perusahaan (TDP), antara lain untuk Perseroan Terbatas
(PT), Persekutuan Komanditer (CV)/ Firma (Fa) dan Koperasi adalah sebagai
berikut :
- Formulir Isian
- Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan
- Fotocopy Pengesahaan Akta
- Asli dan Fotocopy Pengesahaan Akta Pendirian
- Fotocopy Surat Keterangan Domisili Perusahaan
- Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha
- Nomor Pokok Wajib Pajak
- Fotocopy SIUP
- Fotocopy KTP
- Fotocopy akta Pendirian dan Pengesahan
- Fotocopy KTP penanggung jawab koperasi
- Bukti setor biaya administrasi
- Fotocopy paspor jika pemilik WNA
2.10 SDM dan Struktur Organisasi
SDM atau sumber daya manusia adalah proses penanganan
masalah pada perusahaan yang memiliki ruang lingkup mulai dari karyawan sampai
manajer dan tenaga kerja lainnya yang ada dalam suatu perusahaan,biasanya
terdapat pada department sumber daya manusia. Hal tersebut untuk menunjang
aktifitas organisasi atau perusahaan yang bertujuan tuntuk mencapai target
suatu perusahaan tersebut.
Fungsi dari SDM antara lain sebagai berikut :
a) Rekrutment tenaga kerja
Merupakan suatu proses pencarian calon tenaga kerja atau karyawan pada
suatu perusahaan, dalam tahap ini diperlukan jobdesk dan job specification.
b) Seleksi tenaga kerja
Pada tahap ini, divisi SDM melakukan seleksi terhadap kandidat yang telah
dipilih pada tahap recruitment yang antara lain para calon tenaga kerja akan
mengikuti beberapa test standar perusahaan untuk dapat diterima di perusahaan
tersebut.
c) Pengembangan dan evaluasi
karyawan
Tenaga kerja harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugasnya. maka
diperlukan pembekalan agar tenaga kerja dapat lebih menguasai bidangnya
masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada.
d) Memberikan kompensasi dan
proteksi
Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat menyebabkan
masalah ketenaga kerjaan di kemudian hari atau pun dapat menimbulkan kerugian
pada perusahaan. Proteksi perlu
diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang
sehingga kinerja perkerja tersebut dapat tetap maksimal.
Struktur Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan
antara tiap bagian baik secara posisi maupun tugas yang ada pada perusahaaan
dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai suatu tujuan.
2.11 Aspek
Pemasaran
Aspek pemasaran adalah faktor
penting yang dijadikan kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memetakan suatu
pasar. Dengan mengenali aspek tersebut, seseorang dapat melakukan studi
kelayakan bisnis sehingga ia dapat menganalisa bisnis tersebut layak atau tidak
untuk direalisasikan.
2.12 Aspek Keuangan
2.12.1 Komponen Biaya
Komponen biaya, adalah
semua biaya yang dikeluarkan yang berhubungan dengan pengembangan system
informasi.
yang termasuk dalam klasifikasi biaya, adalah :
a. Biaya
pengadaan (procurement cost), yaitu biaya yang termasuk sehubungan untuk
memperoleh perangkat keras dan biasanya digunakan pada tahun pertama
b. Biaya
persiapan operasi ( start-up cost), yaitu yang berhubungan dengan semua biaya
untuk membuat sistem siap diop
c. Biaya
proyek (project-related cost), yaitu biaya yang berhubungan dengan biaya-biaya
untukmengembangkan sistem termasuk penerapannya. Biaya-biaya proyek tersebut
adalah biaya dalam tahap analisis sistem, biaya dalam tahap disain sistem dan
biaya penerapan sistem
d. Biaya
operasi (ongoing cost) dan biaya perawatan (maintenance cost).Biaya operasi
yaitu biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan sistem supaya dapat
beroperasi.Biaya perawatan yaitu biaya yang dikeluarkan untuk merawat sistem
dalam masa operasinya.
2.12.2Estimasi
Biaya
Estimasi biaya adalah penghitungan kebutuhan biaya
yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu kegiatan atau pekerjaan sesuai dengan
persyaratan atau kontrak.
·
Standar Biaya SDM
Biaya
standar adalah biaya yang direncanakan unt suatu produk dalam kondisi operasi
sekarang atau yang diantisipasi. Suatu biaya standar memiliki dua komponen:
standar fisik, yang merupakan kuantitas standar dari input per unit output, dan
standar harga, yang merupakan biaya standar atau tarif standar per unit input.
Dan berhubungan dengan Sumber Daya Manusia
·
Standar Biaya Peralatan
Biaya
standar adalah biaya yang direncanakan unt suatu produk dalam kondisi operasi
sekarang atau yang diantisipasi. Suatu biaya standar memiliki dua komponen:
standar fisik, yang merupakan kuantitas standar dari input per unit output, dan
standar harga, yang merupakan biaya standar atau tarif standar per unit input.
Dan berhubungan dengan Peralatan yang dipakan pada suatu produk
2.12.3 Penyusunan Anggaran
Anggaran merupakan
implementasi dari rencana dari rencana strategi yang telah ditetapkan.
Penyusunan anggaran
adalah Proses pengoperasionalan rencana dalam bentukpengkuantifikasian,
biasanya dalam unit moneter, untuk kurun waktu tertentu.
Anggaran merupakan
rencana yang diungkapkan secara kuantitatif dalam unit moneter untuk periode
satu tahun.
2.12.4 Penyusunan Cashflow Perusahaan
Cash Flow yaitu suatu aliran kas perusahaan yang
merupakan siklus keuangan didalam suatu perusahaan mengenai kegiatan operasi,
transaksi yang terjadi serta kenaikan atau penurunan bersih dalam kas
perusahaan selama periode yang telah ditentukan sebelumnya dan dilakukan secara
kontinu. Dengan adanya laporan cash flow, perusahaan dapat menentukan biaya
produksi yang dibutuhkan untuk transaksi selanjutnya serta keuntungan yang
didapatkan yang berasal dari transaksi yang telah terjadi sehingga akan
menambah asset dari perusahaan tersebut.
Cash
flow terdiri dari 2 jenis aliran yaitu
1. Cash Inflow
Cash inflow yaitu laporan yang berisi
keuntungan yang didapatkan suatu perusahaan yang menjadi pemasukan keuangan
perusahaan sehingga akan menambah asset dari perusahaan tersebut. Dalam hal ini
meliputi
- Hasil penjualan produk atau jasa yang
ditawarkan oleh perusahaan
- Piutang yang sudah didapatkan
- Sejumlah tambahan modal yang berasal dari
investor
- Pinjaman dana dari pihak lain dan lain
sebagainya
2. Cash Outflow
Cash outflow yaitu laporan yang berisi
pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk menunjang kebutuhan suatu perusahaan.
Dalam hal ini meliputi
- Dana yang dibutuhkan untuk biaya produksi
yang dibutuhkan untuk transaksi berikutnya
- Dana untuk membayar biaya tenaga kerja yang
ada
- Dana untuk membeli asset yang baru yang
dibutuhkan perusahaan
- Pembayaran hutang-hutang perusahaan
- Pembayaran biaya sewa, biaya bunga, biaya
pajak dan biaya pengeluaran lainnya
Dari laporan cash inflow dan cash outflow
diatas memberikan informasi yang saling berhubungan agar perusahaan dapat
menentukan hal apa saja yang harus dilakukan baik dalam jangka dekat maupun
panjang. Dalam hal itu terdapat standar yang digunakan dalam laporan keuangan
yang terdiri dari
+ Kegiatan Operasional
Pada kegiatan operasional meliputi
pendapatan dan pengeluaran yang terjadi didalam perusahaan sendiri sehingga
data yang diperoleh secara actual seperti data pada cash outflow dalam hal
pembayaran biaya tenaga kerja, biaya sewa, biaya bunga dan biaya pajak.
+ Investasi
Kegiatan investasi dapat menambahkan cash
inflow suatu perusahaan atau dapat menambah asset perusahaan tersebut. Salah
satu kegiatan investasi yaitu memberikan pinjaman, dengan begitu akan
menciptakan piutang bagi peminjam.
+ Pendanaan
Kegiatan pendanaan bertujuan untuk menarik
investor agar dapat menambah cash inflow suatu perusahaan untuk memenuhi
kebutuhan perusahaan tersebut
2.12.5
Time Value of Money dan Tingkat Suku Bunga
Time value of money atau
dalam bahasa Indonesia disebut nilai waktu dari uang merupakan suatu konsep
yang menyatakan bahwa nilai uang pada waktu sekarang akan lebih berharga dari
pada nilai uang pada masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada
perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu.
Tingkat bunga yaitu sebagai
harga dari penggunaan uang untuk jangka waktu tertentu. Pengertian tingkat
bunga sebagai harga ini bisa juga dinyatakan sebagai harga yang harus dibayar
apabila terjadi pertukaran antara satu rupiah sekarang dan satu rupiah nanti.
Kriteria investasi ini
sangat bermanfaat dalam melakukan pengukuran manfaat atau keuntungan yang akan
diperoleh jika melakukan investasi terhadap suatu usaha. Banyak orang yang
menanggung rugi karena serampangan dalam melakukan perhitungan atau bahkan
tidak mengukur terlebih dahulu tingkat viabilitas dan share profit serta
management risk-nya ketika ia melakukan investasi.
2.12.6
Kriteria Investasi
Dalam mengukur sebuah
investasi sebaiknya tidak hanya mengandalkan satu metode saja, menggunakan
beberapa metode sekaligus lebih baik. Semakin banyak metode yang dipakai, maka
akan semakin banyak gambaran yang lebih lengkap. Informasi yang didapat lebih
banyak. Sehingga keputusan investasi bisa lebih tertarget dan menghasilkan
keuntungan yang maksimal.
·
IRR (Internal Rate of Return)
Analisa metode penilaian
Internal Rate of Return (IRR) adalah metode analisa investasi dengan menghitung
tingkat suku bunga yang menyamakan present value (nilai sekarang) investasi
saat ini dengan present value dari penerimaan arus kas dimasa yang akan datang.
Metode IRR ini mungkin
metode yang paling sering dilakukan. Mungkin karena mudah digunakan dan banyak
yang beranggapan dan percaya bahwa perhitungan IRR adalah hitungan yang
menunjukkan tingkat return yang sebenarnya.
·
Payback Period
Analisa metode penilaian
investasi payback period adalah sebuah metode untuk mengetahui kapan waktu
kembalinya dana investasi yang telah dikeluarkan. Payback period mengukur
lamanya dana investasi yang dikeluarkan perusahaan akan kembali seluruhnya
seperti awal mula.
Dengan analisa metode
payback period akan diketahui berapa lama sebuah investasi bisa dikembalikan
ketika terjadi kondisi BEP (break even point) atau titik impas.
Perhitungan metode ini
diakukan dengan menghitung periode waktu yang dibutuhkan ketika jumlah arus kas
yang masuk sama dengan jumlah arus kas yang keluar.
Secara umum, apabila
hasil payback periode menunjukkan periode pengembalian yang lebih cepat. Maka
investasi tersebut layak untuk dijalankan. Begitu juga sebaliknya, apabila
payback period menunjukkan periode pengembalian yang lebih lama. Maka investasi
tersebut tidak layak untuk dijalankan.
Apabila ada lebih dari
satu jenis investasi yang ditawarkan, periode pengembalian yang paling singkat
yang seharusnya dipilih.
Analisa metode payback
period hanya disarankan untuk memperoleh tambahan informasi mengenai kecepatan
waktu pengembalian dana yang akan diiinvestasikan. Seperti perusahaan teknologi
contohnya handphone yang setiap bulan bahkan muncul produk baru yang membuat
produk sebelumnya menjadi usang. Padahal masih baru.
2.12.7
Pencatatan Keuangan Sederhana
Ketika memulai suatu
usaha, orang sering lupa menyiapkan pencatatan keuangan atau pembukuan alias
laporan, meski sederhana. Padahal, fungsi pembukuan ini sangat vital bagi
kelangsungan bisnis, karena dengan adanya pembukuan tersebut akan memudahkan
masyrakat untuk mengatur arus keuangan yang masuk dan keluar agar dapat
diketahui secara rinci keuntungan dan kerugian yang didapatkan.
Setelah mengetahui
pentingya pembukuan, tentu harus dapat mengerti bagaimana melakukan pembukuan
tersebut, setidaknya taraf yang sederhana.
Apa pun pemasukan dan pengeluaran perusahaan, mulai sekarang harus
dicatat. Itulah yang paling sederhana. Paling tidak Anda punya cash-flow
(aliran kas), profit and lost (rugi laba), serta neraca sederhana.
.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Bentuk Usaha
Nama dan
Alamat Perusahaan
Nama perusahaan : CV. Fun
Tech
Berdirinya Perusahaan:
2018
Alamat perusahaan : Jl. Akses Ui, No.32 Depok, Jawa Barat
16451, Indonesia
No. Telp
: 0812000000
Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik : Galih
Ardiadji
Alamat pemilik : Jl. Raya Bogor, KM.28 Jakarta
Timur 13710, Indonesia
No. Telp
: 0812000000
Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama
: Galih Ardiadji
Alamat
: Jl. Raya Bogor, KM.28 Jakarta Timur 13710, Indonesia
No. Telp
: 08120000000
Perusahaan
Fun Tech bergerak di bidang pembuatan software seperti aplikasi perkantoran,
administrasi, manajemen perusahaan, pemerintahan, aplikasi – aplikasi yang
ditujukan untuk pendidikan dll. Software yang kami buat bergaransi resmi.
Perusahaan kami pun dapat melakukan developing atau pengembangan software.
Sebelum kami
menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempersiapkan
biaya sebagai modal usaha. Untuk metode pemasaran, perusahaan kami akan
mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui website yang kami miliki
sebagai media utama dalam memasarkan produk-produk jasa kami, di tunjang
juga dengan beberapa cara pemasaran melalui sosial media serta penggunaan
spanduk-spanduk yang akan kami pasang di beberapa pusat keramaian seperti pusat
pertokoan atau perbelanjaan, pintu masuk perumahan, dsb.
3.2 Prosedur dan Legalitas
CV. Fun Tech didirikan pada tanggal 19 Desember 2018
dengan nama CV. Fun Techno berdasarkan Akta No. 11 tanggal 19 Desember 2018
dari Imes Amelia, S.H., notaris di Jakarta. Akta pendirian tersebut telah
disahkan oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam
Surat Keputusannya No. C-241950. HT.01.01.TH.2018 tanggal 21 Desember 2018,
yang dimuat dalam Tambahan No. 1772, Berita Negara Republik Indonesia No. 18
tanggal 3 Maret 2019.
Berikut
lampiran dokumen terkait :
2.13
SIUP
2.14
TDP
2.15
NPWP
2.16
SPP
3.3
Struktur Organisasi
a. Direktur : Galih A.
b. Wakil Direktur :
Tasya
c. Sekretaris :
Naufal Ahmad R.
d. Project Manager :
M. Arif Rahman
e. Administrasi :
Dewi Nuraini
f.
Pemasaran : Achmad Rusmanto
g. Designer :
Kevin Kamaludin
h. Developer :
Syawaludin I.
3.4
Deskripsi dan Spesifikasi Tugas
JABATAN
|
TUGAS
|
Direktur
|
1.
Memimpin perusahaan dengan
menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan atau institusi
2.
Memilih, menetapkan, mengawasi
tugas dari karyawan
3.
Menyetujui anggaran tahunan
perusahaan atau institusi
4.
Mencari atau menerima project
dari perusahaan atau institusi
5.
Mengendalikan dan mengatur
organisasi/perusahaan
6.
Mengembangkan kualitas
organisasi/perusahaan
7.
Mengevaluasi Aktivitas
organisasi/perusahaan
|
Wakil Direktur
|
1.
Membantu Direktur dalam
menjalankan tugas-tugasnya.
2.
Mengkoordinasi Manajer-manajer
bidang dalam menjalankan fungsinya.
3.
Memberikan masukan bersifat
konstruktif ke-pada Direktur dan pengurus
|
Project Manager
|
1.
Melaksanakan dan mengontrol
operasional proyek sehingga operasi proyek dapat berjalan sesuai dengan
rencana (on track).
2.
Mengkomunikasikan dalam bentuk
lisan dan tertulis (Laporan Kemajuan Pekerjaan).
3.
Mengidentifikasi dan
menyelesaikan potensi masalah yang akan timbul agar dapat diantisipasi secara
dini.
4.
Melakukan koordinasi kedalam
(team proyek, manajemen, dll) dan keluar
|
Administrasi
|
1.
Melakukan pendataan pada semua
kegiatan perusahaan
2.
Menghubungkan konsumen dengan
perusahaan
3.
Membuat semua surat untuk
keperluan perusahaan
4.
Melakukan penjadwalan untuk semua
staff yang ada dalam perusahaan
|
Sekretaris
|
1.
Menyiapkan agenda rapat untuk
pimpinan perusahaan.
2.
Membuat janji dengan klien yang
akan bertemu dengan pimpinan ataupun staff perusahaan.
3.
Menjaga citra perusahaan
|
Pemasaran
|
1.
Menetapkan pedoman barang dan
jasa
2.
Menetapkan dan mengevaluasi upaya
strategis dan kebijkan pemasaran serta
pengadaan barang dan jasa
3.
Memberikan masukan pada direktur dalam
memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran.
4.
Memasrkan barang dan jasa
perusahaan
|
Designer
|
1. Membuat
design ataupun prototype yang diberikan oleh analisis.
|
Developer
|
1.
Membuat program yang terkhusus
pada bagian back-end.
2.
Terfokus pada bagian coding
program.
|
3.5
Sistem Penggajian
No
|
Jabatan
|
Gaji Pokok
|
Uang Transport
|
Uang Makan
|
Total Gaji
|
1
|
Direktur
|
Rp. 9.900.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 13.950.000
|
2.
|
Wakil Direktur
|
Rp. 8.700.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 12.750.000
|
3
|
Project Manager
|
Rp. 7.200.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 11.250.000
|
4
|
Administrasi
|
Rp. 7.150.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 11.200.000
|
5
|
Sekretaris
|
Rp. 6.900.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 10.950.000
|
6
|
Pemasaran
|
Rp. 5.750.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 9.800.000
|
7
|
Designer
|
Rp. 5.500.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 9.550.000
|
8
|
Developer
|
Rp. 6.000.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 10.050.000
|
TOTAL
|
Rp. 57.100.000
|
Rp. 18.000.000
|
Rp. 14.400.000
|
Rp. 89.500.000
|
3.6
Aspek Pemasaran
a.
Product (produk)
Jasa yang direncanakan untuk ditawarkan
adalah Pembuatan Web, Pembuatan Aplikasi Android & IOS, dan Aplilasi
Desktop. Jasa yang telah ditawarkan akan dipasarkan melalui iklan pada website
dan aplikasi seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dan blog. Pada iklan akan
diberi label: Jasa Pembuatan Web, Aplikasi Android &IOS, dan Desktop. Jasa
yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi. Sudah diketahui bahwa jasa yang
dibuat dari kami ini sangat user friendly yang mudah digunakan oleh banyak
orang dan desain yang sangat enak untuk dipandang mata.
b.
Place (lokasi/distribusi)
Usaha ini berlokasi di Ruko Develop Hackton Blok S
no.3. Adapun sasaran jasa layanan pembuatan web ataupun aplikasi ini adalah
mahasiswa di Universitas ber-daerah Depok dan perusahaan-perusahaan IT (Teknik
Informatika).
c.
Price (harga)
Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung
tingkat kesulitan ditambah durasi lama pengerjaan dan tren yang berlaku. Jika
jasa yang diinginkan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi maka haraganya pun
akan semakin tinggi. Adapun rencana harga jual dari jasa kami adalah Rp. 250.000
– Rp. 25.000.000 /jasa.
d.
Promotion (promosi)
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan
jasa ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan menempelkan iklan-iklan
pada website dan aplikasi tokopedia, shopee, bukalapak, dan blog. Selain itu
juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus ,serta melalui blog
perusahaan yaitu: FunTech.com.
3.7 Analisis Operasional
a.
Desain Produk
Aplikasi yang telah
menjadi prototype akan diiklankan. Pengiklanan di sini dilakukan karena memiliki peranan yang sangat penting dalam
dunia usaha, karena pengiklanan tidak sekedar memberi informasi dari produk
yang dihasilkan tapi lebih pada penggambaran mengenai aplikasi yang akan
dikerjakan. Di mana konsumen akan cenderung tertarik dengan produk yang
diiklankan dengan menarik.
Selain itu, pada iklan
juga akan diberi label. Pemberian label di sini tidak hanya sekedar tulisan,
tapi di dalamnya terkandung pesan-pesan tertentu yang disampaikan pada
konsumen. Dengan harapan produknya dapat dikenal oleh konsumen luas, sehingga
mudah dicari ketika dibutuhkan. Selain itu label juga berfungsi sebagai jaminan
atas kualitas produk, sarana untuk merk dagang, logo perusahaan, nama dan
alamat perusahaan. Informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen tersebut
terangkum dalam tulisan yang dicetak pada iklan produk. Maka pada iklan akan
dituliskan dengan label: Jasa Pembuatan Web, Aplikasi Android &IOS, Desktop
dan juga logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan.
b.
Proses Produksi
Pada proses produksi
tergantung kebutuhan para client, apabila client membutuhkan aplikasi desktop
atau mobile, beberapa hal yang akan digunakan adalah:
1. Laptop atau computer
2. Bahasa pemrograman
3. Editor
Apabila kebutuhan client
jika ingin membuat aplikasi web atau membuat sebuah iklan, maka proses produksi
yang akan dibutuhkan adalah:
1. Laptop atau computer
2. Bahasa pemrograman
3. Editor
4. Hostinger
5. Google Ads
Cara prosesnya:
1. Membuat rancangan sistem alur data terlebih dahulu dalam
proses pembuatan aplikasi.
2. Buat struktur navigasi untuk perancangan stuktur interface
dalam sebuah aplikasi yang diinginkan.
3. Buat sebuah rancangan tampilan desain aplikasi mobile
ataupun website dengan metode-metode UI/UX sesuai dengan kebutuhan client.
4. Ketika rancangan desain sudah dibuat maka proses berikutnya
adalah tahap pengkodean, dengan memasukkan algoritma-algoritma sesuai kebutuhan
dalam aplikasi.
5. Ketika proses pengkodean sudah selesai, langkah selanjutnya
adalah tahap implementasi, dengan cara memberi sebuah sample dari aplikasi
tersebut kepada client. Apabila client merasa terpenuhi keinginannya dengan
aplikasi yang dibuat, maka siap untuk di publish ke internet. Apabila aplikasi
yang dibuat adalah aplikasi mobile, maka akan di publikasi dengan mengupload
aplikasi tersebut ke pelayanan penjualan aplikasi seperti playstore atau App
Store. Kemudian jika proses yang dibuat aplikasi web, maka akan dipublikasikan
dengan melakukan proses hostinger dimana aplikasi tersebut dapat dilihat oleh
seluruh pengguna internet.
3.7
Analisis Peluang Pasar dan Pesaing
a.
Analisis Peluang Pasar
Peluang pasar untuk
produk aplikasi ini sangatlah besar dalam pandangan masyarakat modern dan
peluang yang cukup menjanjikan dalam bidang IT. Produk ini dapat diproduksi
oleh semua golongan karena harganya sesuai dengan harga yang cukup terjangkau
bagi mahasiswa hingga perusahaan-perusahaan besar lainnya.
Sasaran pasar produk jasa
ini utamanya adalah para mahasiswa-mahasiswa Universitas yang berlokasi Depok
dan sekitarnya serta perusahaan-perusahaan IT lainnya. Tempat pelayanan di
kampus, bisa diberi dengan menaruh beberapa brosur di lokasi kampus sekitar,
kemudian untuk pelayanan di perusahaan adalah dengan memberikan kartu nama
perusahaan layanan jasa.
Untuk menembus tingkat
pasar yang optimal, maka diperlukan sekali untuk memikirkan sebuah strategi
yang akan ditempuh untuk membangun sebuah usaha agar mendapatkan respon yang
bagus dari konsumen di dunia pasar teknologi. Dengan menganalisa lingkungan
internal dan eksternal yang ada akan mempermudah bagi perusahaan dalam menyusun
strategi yang baik dan efisien.
b.
Tingkat Persaingan
Melihat situasi di tempat
yang akan dimasuki jasa, sepertinya jasa ini akan bersaing di pasaran. Hal ini
dikarenakan harganya yang terjangkau dan sangat pas untuk ukuran dompet
mahasiswa dan khalayak umum.
Selain itu pesaing yang
akan menyaingi produk ini jika di cari dengan google https://www.afedigi.com
yang kemungkinan akan bersaing melihat dari pengalaman yang sudah cukup lama
dan memiliki rating yang tinggi .
3.8Komponen biaya / Anggran
·
Pengeluaran
Tetap
a. Sewa
Tempat : Rp. 180.000.000
/tahun
b. Listrik : Rp. 10.000.000 /bulan
c. Air :
Rp. 3.000.000 /bulan
d. Telepon : Rp. 5.000.000 /Tahun
e. Internet
Service Provider : Rp. 1.000.000 /bulan
f.
Gaji dan Upah Karyawan : Rp. 57.100.000
3.9
Estimasi Biaya
·
Standar
biaya SDM
a. Direktur :
Rp. 9.900.000 ./bulan
b. Wakil
Direktur : Rp. 8.700.000 /bulan
c. Sekretaris : Rp. 6.900.000
/bulan
d. Project
Manager : Rp. 7.200.000
/bulan
e. Administrasi :
Rp. 7.150.000 /bulan
f.
Pemasaran : Rp. 5.750.000 /bulan
g. Desainer :
Rp. 5.500.000 /bulan
h. Developer :
Rp. 6.000.000 /bulan
·
Standar
Biaya Peralatan
a. 5
Unit Leptop :
Rp. 8.000.000 / unit
b. 8
Unit Pc :
Rp. 11.000.000/ unit
c. 8
Meja Kantor :
Rp. 750.000 / unit
d. 8
Kursi Kerja :
Rp. 1.000.000/ unit
e. 1
Filling Cabinet :
Rp. 1.500.000 / unit
f.
ATK :
Rp. 1.000.000 / bulan
g. 5
Unit AC 1 PK :
Rp. 3.500.000 / unit
h. 5
Unit Telepon :
Rp. 200.000 / unit
i.
5 Unit Printer : Rp.
4.000.000 / unit
j.
2 Unit Mesin FC : Rp. 20.000.000 / unit
k. 1
Unit Kulkas :
Rp. 3.500.000 / unit
·
Standar
Biaya Perangkat Lunak (Perangkat Lunak Berbayar)
a. Aplikasi
Design Grafis :
Rp. 6.650.000
b. Aplikasi
Perkantoran :
Rp. 800.000
c. Aplikasi
Perancangan & Pengolahan DB :
Rp. 2.500.000
d. Pemeliharaan
Web :
Rp. 3.500.000
e. Pemeliharaan
Database :
Rp. 2.000.000
f.
Aplikasi Mobile : Rp. 3.000.000
g. Aplikasi
Game :
Rp. 8.000.000
3.10
Penyusunan Anggaran / Investasi
·
Menjual PC lama : Rp. 5.000.000 / pc
·
Menjual Mesin FC : Rp. 10.000.000
/ unit
·
Menjual printer lama : Rp. 2.000.000 / printer
3.11
Penyusunan Cash Flow Perusahaan
CV
Fun Tech
Laporan
Cash Flow
Untuk
Tahun Yang Berakhir Pada 31 Desember 2018
(Dalam
Rupiah)
Arus
Kas Dari Kegiatan Operasional
|
|||
Kas Dari Pelanggan
Dikurangi
Kas Untuk Memberi
Keperlusn + ATK
Kas Untuk Bayar
Listrik, Air, Telepon,Internet Service Provider
Kas Untuk Bayar Sewa
Tempat
Kas Untuk Bayar Biaya
Gaji Pegawai
Kas Untuk Hutang Usaha
Kas Untuk Biaya Pajak
Aliran
Kas Bersih Kegiatan Operasional
|
(Rp. 12.000.000)
(Rp. 162.000.000)
(Rp. 180.000.000)
(Rp. 685.200.000)
(Rp. 316.250.000)
(Rp. 417.000.000)
|
Rp.4.000.000.000
(Rp.1.772.450.000)
|
Rp.2.227.550.000
|
Arus
Kas Dari Kegiatan Investasi
|
|||
Kas Masuk Dari Penjual
Kas Keluar Memberi
Peralatan
Aliran
Kas Bersih Kegiatan Investasi
|
Rp.76.000.000
(Rp.148.000.000)
|
|
(Rp. 72.000.000)
|
Arus
Kas Dari Kegiatan Keuangan
|
|||
Hasil Penempatan Modal
Dikurangi
Kas Untuk Bayar Dividen
Kas Untuk Bayar Utang
Obligasi
Aliran Kas Masuk Neto
Dari Kegiatan Keuangan
|
(Rp. 50.000.000)
(Rp.125.000.000)
|
Rp.250.000.000
|
Rp. 85.000.000
|
Kenaikan
Kas
Saldo
Kas Awal Tahun
Saldo
Kas Akhir Tahun
|
|
|
Rp.1.240.550.000
Rp. 1.000.000.000
Rp.2.240.550.000
|
3.4.5
Time Value Of Money & Tingkat Suku Bunga
·
TVOM
(Dalam 5 Tahun Mendatang)
Ø Menyimpan
uang perusahaan di bank sebesar 1 Miliar diawal tahun 2018 dengan bunga bank 5
% pertahun. Dengan jangka waktu deposito selama 5 tahun.
Tahun
|
Saldo
Awal
|
Perolehan
Bungan 5%
|
Saldo
Akhir
|
2018
2019
2020
2021
2022
|
Rp. 1.000.000.000
Rp. 1.050.000.000
Rp. 1.102.500.000
Rp. 1.157.625.000
Rp. 1.215.506.250
|
5% x Rp. 1.000.000.000
= Rp. 50.000.000
5% x Rp. 1.050.000.000
= Rp. 52.500.000
5% x Rp. 1.102.500.000
= Rp. 55.125.000
5% x Rp. 1.157.625.000
= Rp. 57.881.250
5% x Rp. 1.215.506.250
= Rp. 60.775.312.5
|
Rp. 1.050.000.000
Rp. 1.102.500.000
Rp. 1.157.625.000
Rp. 1.215.506.250
Rp. 1.276.281.562.5
|
·
Tingkat
Suku Bunga
Bunga Pinjaman / Kredit Saldo Pinjaman =
Rp. 20.000.000
Suku
Bunga Pinjaman / Kredit Tahun 2018
|
|||
Bulan
|
Angsuran
Pokok
|
Angsuran
Bunga 10%
|
Total Angsuran
|
Rp.
1.666.667
|
Rp.
20.000.000 x 10% x (30/360) = Rp. 166.667
|
Rp.
1.833.334
|
|
Februari
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 18.333.333 x 10% x
(30/360) = Rp. 152.778
|
Rp..1.819.445
|
Maret
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 16.666.666 x 10% x
(30/360) = Rp.138.888.884
|
Rp. 1.805.556
|
April
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 14.999.999 x 10% x
(30/360) = Rp. 125.000
|
Rp. 1.791.667
|
Mei
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 13.333.332 x 10% x
(30/360) = Rp.111.111
|
Rp. 1.777.778
|
Juni
|
Rp. 1.666.667
|
Rp.11.666.665x 10% x
(30/360) = Rp.97.222
|
Rp. 1.763.889
|
Juli
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 9.999.998x 10% x
(30/360) = Rp. 83.333
|
Rp. 1.750.000
|
Agustus
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 8.333.331x 10% x
(30/360) = Rp.69.444
|
Rp. 1.736.111
|
September
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 6.666.664 x 10% x
(30/360) = Rp. 55.555
|
Rp. 1.722.222
|
Oktober
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 4.999.997 x 10% x
(30/360) = Rp. 46.296
|
Rp. 1.712.963
|
November
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 3.333.330 x 10% x
(30/360) = Rp.27.777
|
Rp. 1.694.444
|
Desember
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 1.666.663 x 10% x
(30/360) = Rp. 13.889
|
Rp. 1.680.556
|
3.4.6 Pencatatan Keuangan Sederhana
CV SOFTWARE SEJAHTERA
|
|||
LAPORAN KAS UMUM
|
|||
UNTUK TAHUN YANG BERAKHIR PADA 31 DESEMBER 2018
|
|||
(Dalam rupiah)
|
|||
Uraian
|
Penerimaan (Debit)
|
Pengeluaran (Kredit)
|
Saldo
|
Saldo Awal Tahun 2018
|
|
|
Rp 1,000,000,000.00
|
Bayar Telepon + Wifi
|
|
Rp 17,000,000.00
|
|
Bayar Listrik
|
|
Rp 120,000,000.00
|
|
Bayar Air
|
|
Rp 36,000,000.00
|
|
Bayar Sewa Tempat
|
|
Rp 180,000,000.00
|
|
Bayar Gaji Karyawan
|
|
Rp 685.200,000.00
|
|
Bayar Hutang Usaha
|
|
Rp 316,000,000.00
|
|
Beli Printer Baru
|
|
Rp 20,000,000.00
|
|
Beli Mesin Fotocopy Baru
|
|
Rp 40,000,000.00
|
|
Beli PC Baru
|
|
Rp 88,000,000.00
|
|
Bayar Biaya Dividen
|
|
Rp 50,000,000.00
|
|
Bayar Utang Obligasi
|
|
Rp 125,000,000.00
|
|
Kegiatan Investasi
|
|
Rp 76,000,000.00
|
|
Keperluan ATK
|
|
Rp 12,000,000.00
|
|
|
|
|
|
Total Kredit
|
|
Rp 1.765.200.000
|
|
|
|
|
-Rp
765.200.000
|
Penjualan 5 Unit Printer Lama
|
Rp 10.000.000
|
|
|
Penjualan 2 Unit Mesin Fotocopy Lama
|
Rp 20,000,000.00
|
|
|
Penjualan 8 Unit PC Lama
|
Rp 40,000,000.00
|
|
|
Kas Penjualan Saham
|
Rp 250,000,000.00
|
|
|
Kas Dari Penjualan Desain Grafis
|
Rp 1.330.000.000
|
|
|
Kas Dari Penjualan Game
|
Rp 2,670,000,000.00
|
|
|
|
|
|
|
Total Debit
|
Rp 4,320,000,000.00
|
|
|
SALDO AKHIR TAHUN 31 DESEMBER 2018
|
|
|
Rp
3,554,800,000.00
|
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Pendirian suatu perusahaan
merupakan hal yang penting dan sangat diperlukan di kalangan masyarakat, karena
pendirian tersebut dapat membuka suatu lapangan pekerjaan dan dapat
meningkatkan potensi penghasilan dalam perusahaan tersebut.
Dalam mendirikan usaha
juga tidak mudah, tetapi juga tidak sulit, kita hanya harus mengikuti
syarat-syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan UU dan juga harus jelas visi
dan misi perusahaan tersebut, dan sebelum mendirikan badan usaha kita harus
mendapatkan izin dari pemerintah
Jadi kesimpulan dari
seluruh materi yang telah saya sajikan dalam makalah diatas, bahwa setiap
wirausahawan yang ingin membuka usaha baru sebaiknya mempelajari terlebih
dahulu tahap demi tahap dalam membuat usaha karena tahap demi tahap ini sudah
ada peraturannya oleh karena itu sangat penting sekali mempelajarinya, agar
dalam berusaha kita tidak mendapat kesulitan dalam usaha yang kita jalankan
itu.
4.2
Saran
Berdasarkan ketentuan dari pemerintah dan
keuntunga-keuntungan yang diperoleh nantinya, seorang pengusaha harus mengurus
legalitas perusahaan dengan proses yang tidak terlalu rumit dan biaya yang
tidak terlalu besar, pengusaha sudah mendapatkan jaminan keberlangsungan
perusahaan. Justru jika pelegalan itu tidak diurus, nantinya pengusaha itu
sendiri yang akan mendapatkan kesulitan dalam kegiatan usahanya. Selain merasa
terancam dengan penertiban oleh pihak berwajib mereka juga akan kesulitan
mengembangkan usahanya menuju kea rah yang lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
0 Komentar