Blibli.com
adalah salah satu E-commerce
di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall. Dengan konsep
tersebut blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja
di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan
menyenangkan dimanapun dan kapanpun.
Blibli adalah produk pertama PT. Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum
dibidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama
dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik, banking partner
serta merchant partner dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem
back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli.
Saat ini Djarum Group melalui Global Digital Prima Ventures (GDP) misalnya, membentuk inkubator bernama Merah Putih Inc,
sebuah inkubator start-up lokal berbasis komunitas dan memberikan
bantuan modal bagi start-up lokal yang inovatif. Kantor pusat Blibli
bermarkas di Jakarta Barat dengan biaya infrastruktur seperti server dan
jaringan hampir mencapai Rp 100 miliar
Blibli tercatat sebagai situs e-commerce termuda di
Indonesia. Toko maya itu menjual segala jenis barang dari BlackBerry hingga
layanan TV berlangganan atau tiket konser dan sepeda motor.
Hiruk pikuk transaksi didalamnya cukup membuatnya dijuluki
Amazon.com versi Indonesia. Blibli lebih menitikberatkan kepada hal-ihwal
teknologi. Tak seperti banyak situs di Nusantara yang tak dipersenjatai sistem
pembayaran yang aman, Blibli menerima Visa atau Mastercard dan dirancang
mendapatkan persetujuan serta jaminan keamanan dari VeriSign, perusaan
autentifikasi layanan yang berbasis di AS.
Perusahaan start-up itu dimiliki oleh PT Global Digital
Niaga, anak perusahaan Grup Djarum dan Bank Central Asia (BCA), yang
memungkinkannya tak kehabisan dana. Alhasil, merek-merek ternama seperti
Cartier, Harley Davidson dan Phillips, kepincut.
Demi memadukan media sosial dengan pengalaman belanja
online, situs itu menampilkan kolom “Our Experts” dengan para penulis yang
dilabeli “Miss Stylish” dan “Mr. Gadget.” Keduanya berfungsi sebagai kurator
yang memilih barang-barang sesuai dengan reaksi pasar menyangkut tren terbaru,
review telepon seluler, dan komputer.
Situs itu dikunjungi sekitar 30 ribu orang per hari dan
memiliki keterikatan kuat dengan perbankan serta perusahaan telekomunikasi.
Keistimewaan situs ini juga pada kecepatan pengiriman barang. Contoh:pengiriman
barang perdana iPhone 4S tiba satu jam setelah pemesanan.
Blibli.com adalah salah satu E-commerce di Indonesia
dengan konsep belanja online ala mall. Dengan konsep tersebut blibli
mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall bisa menemukan
barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan dimanapun dan
kapanpun. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital
Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital yang didirikan pada tahun 2010.
Blibli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik,
banking partner serta merchant partner dengan standar tertentu untuk
menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli. Saat
ini Djarum Group melalui Global
Digital Prima Ventures (GDP) misalnya,
membentuk inkubator bernama Merah Putih Inc,
sebuah inkubator start-up lokal berbasis komunitas dan memberikan bantuan modal
bagi start-up lokal yang inovatif. Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakarta
Barat dengan biaya infrastruktur seperti server dan jaringan hampir mencapai Rp
100 miliar.
VISI DAN MISI PERUSAHAAN:
Perusahaan ini memiliki tujuan agar penyebaran produk dapat menembus pasar International yang disertai dengan meningkatnya kelayakan produk serta daya beli yang semakin tinggi.Ruang lingkup area bisnis
Ruang lingkup blibli.com adalah seluruh Indonesia dan blibli.com memberikan layanan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia.Omset dari pasar e-commerce
Dari data yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika, pasar e-commerce di Indonesia pada tahun 2013 ini diperkirakan mencapai Rp 130 triliun, tumbuh hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 69 triliun.Strategi Perusahaan
Blibli.com memiliki 2
strategi dalam menunjang bisnisnya, 2 strategi tersebut adalah strategi
kompetitif dan strategi ekspansi.
Strategi Kompetitif
;
• Menentukan target pasar yang kuat
• Membangun relasi dan memperbanyak variant produk
Strategi Ekspansi ;
• Pengadaan fitur dalam website untuk menarik konsumen
• Promosi
• Cicilan 0% Semua Produk
• Blibli Reward
• Pengiriman Gratis
0 Komentar